AKIBAT MENIKAH DINI DITINJAU DARI SISI KESEHATAN

Standar

AKIBAT MENIKAH DINI DITINJAU DARI SISI KESEHATAN

Oleh: Lina

Kesehatan sangat penting bagi kehidupan manusia. Kesehatan memiliki peran yang berharga. Sebab jika kondisi badan tidak sehat, maka ia tidak bisa bekerja. Ia tidak bisa melakukan hal yang harusnya dilakukan. Akhirnya ia tidak bisa memenuhi kewajibannya sebagai isteri maupun suami. Oleh karena itu, ketika akan melangsungkan pernikahan, maka hal yang harus diperhatikan adalah masalah kesehatan sekarang dan juga nanti setelah pernikahan.  Berkaitan dengan kesehatan reproduksi, setiap perempuan berhak untuk mengetahui masalah kesehatan organ reproduksinya. Bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksinya, apa organ-organnya, apa penyakit-penyakit berbahaya yang potensial serta penyebabnya, serta bagaimana cara pencegahannya.

Pernikahan usia dini (di bawah 15 tahun), menyimpan resiko cukup tinggi bagi kesehatan perempuan, terutama pada saat hamil dan melahirkan, yaitu resiko Kanker Mulut Rahim. Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Rumah Sakit Balikpapan Husada (RSBH) dr. Ahmad Yasa, SpOG mengatakan, perempuan yang menikah di usia dini memiliki banyak resiko, sekalipun ia sudah mengalami menstruasi atau haid. “Ada dua dampak medis yang ditimbulkan oleh pernikahan usia dini ini, yakni dampak pada kandungan dan kebidanannya,”.

Penyakit kandungan yang banyak diderita wanita yang menikah usia dini, antara lain infeksi pada kandungan dan kanker mulut rahim. Kenapa kedua penyakit ini paling beresiko diderita wanita yang menikah di usia dini? Secara medis, lelaki yang akrab dipanggil Yasa ini menjelaskan, menikah di usia tersebut dapat mengubah sel normal (sel yang biasa tumbuh pada anak-anak) menjadi sel ganas yang akhirnya dapat menyebabkan infeksi kandungan dan kanker. Hal ini dikarenakan, adanya masa peralihan sel anak-anak ke sel dewasa. Padahal, pertumbuhan sel yang tumbuh pada anak-anak berakhir pada usia 19 tahun. “Berdasarkan beberapa penelitian yang pernah dilakukan, rata-rata penderita infeksi kandungan dan kanker mulut rahim adalah wanita yang menikah di usia dini alias di bawah usia 19 atau 16 tahun,” paparnya.

Untuk resiko kebidanan, dia menjelaskan, hamil di bawah usia 19 tahun, bisa ber-resiko pada kematian, selain kehamilan di usia 35 tahun ke atas. Resiko lain, lanjutnya, hamil di usia muda juga rentan terjadinya pendarahan, keguguran, hamil anggur dan hamil prematur di masa kehamilan.“Resiko meninggal dunia akibat keracunan kehamilan juga banyak terjadi pada wanita yang melahirkan di usia dini. Salah satunya penyebab keracunan kehamilan ini adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi,” ujarnya.

Dikatakan Yasa, anatomi tubuh wanita yang berusia di bawah 16 atau 19 tahun masih dalam pertumbuhan, termasuk juga pinggul dan rahimnya. Jadi kalau hamil dan melahirkan akan ber-resiko lahir susah hingga kematian. Masih tingginya kasus kematian ibu dan anak di Indonesia sebaiknya menjadi perhatian para orang tua. Jika belum siap secara fisik maupun mental untuk menikah, sebaiknya jangan dulu menikah. “Lebih baik menikah saat usia sudah benar-benar matang, fisik dan mental sudah siap. Kalau nikah di usia anak-anak atau remaja, banyak resiko dan efek jangka panjangnya yang sangat tidak baik bagi anak itu sendiri,” pungkasnya.

Jadi, ketika mau menikah alangkah baiknya jika kita melihat resiko yang terjadi seperti telah dijelaskan di atas. Sebab, kesiapan seseorang untuk menikah tidak hanya dilihat dari satu sisi, namun harus dilihat dari berbagai aspek, seperti kematangan usia, kedewasaan secara psikologis, kemapanan secara materi dan yang paling utama adalah pertimbangan kesehatan bagi kesiapan alat reproduksi. Keempat unsur itulah merupakan barometer bagi kelayakan seseorang dalam melakukan pernikahan.

By: Sri Lina Qomariyah—Lina Sellin

One thought on “AKIBAT MENIKAH DINI DITINJAU DARI SISI KESEHATAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s